Masyarakat tangerang berdasarkan data statistik jumlah penduduk sekitar 3.5 juta, jumlah kecamatan 29, Jumlah desa 246 dan dengan jumlah sumber daya pembuat anyaman topi bambu sebanyak 10 kecamatan sekitar 3450 penganyam yang tersebar di kab. tangerang sebagai Warisan budaya yang masih ada.
Latar Belakang Masalah
Potensi kerajinan topibambu saat ini ada kec. jambe dan Panongan yang masih banyak melakukan produksi menganyam topibambu masih berbentuk bahan setengah jadi.
Sejak 1984 Bahan Baku Topi Bambu pramuka Di hasilkan dari berbagai Desa Desa Di beberapa kecamatan Di antaranya kec. jambe, Kec Cisoka, Solear .Bahan baku Di buatboleh Di daerah kecamatan tersebut Hampir 10.000 tiap bulannya Sebelum Tahun 2015 perubahan kebijakan Topi pramuka. Proses Bahan Baku kemudian Di kumpulkan Dan Di bawa ke kec. Sindangjaya Dan Prs Kemis untuk Di finishing menjadi Topi Bambu pramuka yang siapa Di jual Ke luar Kota seluruh nusantara.
Untuk peningkatan kapasitas dilakukan pendampingan agar Sumber daya manusia dapat melakukan desainnya yang dapat langsung memproduksi Sampai jadi topi.
Solusinya yang diberikan oleh P2KTD mengarahkan workshop Atau bimbingan Teknis sehingga SDM tersebut dapat meningkatkan skill sesuai bidang
Selain factor SDM masih Ada permasalahan pemasaran sehingga produk yang telah Di buat agar dapat meningkatkan nilai jual.
Sedikit cerita Komunitas Topibambu yang berada di cikupa sudah membantu memasarkan produk ke berbagai pasarnya Baik online maupun online ungkap KangAgush founder Komunitas Topibambu.
Permasalahan bahan baku khususnya bambu, inovasi produk dan Serta regenerasi pemuda yang tidak lagi Minat untuk menganyam.
Hasil dari permasalahan Dan Kendala tersebut akan segera Di tindaklanjuti dengan analisa SWOT.
Untuk pengembangan pemasaran Akan Di lakukan Kerjasama dengan marketplace atau dibuatkan Tokonline Dan membuka ruang pusat oleh oleh tangerang giatkan Ekonomi Kreatif.
Beberapa poin agar penyelesaian masalah dapat Di lakukan
1. produk unggulan topibambu sudah Ada sejak 1887 namun belum mendapatkan pasarnya internal yang jelas.
2.Produk Kerajinan berjaya minimal dapat Di Pakai se kabupaten tangerang Untuk pelajar pramuka menggunakan muatan lokalbrand.
peranan BUMDEs dalam pemasaran dapat berkontribusi dalam pendapatan asli desa.
Komentar
Posting Komentar